Manajemen Pendidikan Islam

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

1. IDENTITAS PRODI

1. Nama Program Studi : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
2. Ijin Penyelenggaraan Prodi : SK BAN PT No. 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/III/2017
3. Akreditasi  Prodi :
4. Gelar Akademik Beserta Singkatannya : Sarjana Pendidikan (S.Pd)
5. Jenis Pendidikan : Akademik
6. Program Pendidikan :  Program Sarjana (Level 6)
7. Bahasa Pengantar Kuliah : Bahasa Indonesia
8. Masa Studi Program Sarjana : 4 Sampai 5 tahun

2. VISI PRODI

Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif dengan mengintegrasikan psikologi dan ilmu keislaman berbasis kearifan lokal yang berstandar nasional dan internasional tahun 2032.

 3. MISI PRODI

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam pengembangan psikologi dan ilmu keislaman berbasis kearifan lokalb. Melakukan penelitian dan pengkajian ilmiah melalui integrasi keilmuan psikologi dan keislaman

c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kesejahteraan psikologi (psychological well-being)

d. Menjalin kerjasama dengan institusi / lembaga yang terkait dengan pengembangan akademik, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di dalam dan luar negeri

4. PROFIL LULUSAN PRODI

Profil Utama 1) Asisten psikologi

Mampu melakukan administrasi alat tes psikologi (tester, skoring, pengarsipan berkas, laporan psikologi dan wawancara)

2) Staff di bidang Sumber Daya Manusia

Mampu melakukan analisa, observasi perencanaan dan pengambilan keputusan terkait dengan rekruitmen.

3) Asisten Konselor dalam bidang Perkembangan, Pendidikan, Klinis , dan  Sosial.

Mampu melakukan assesmen awal konseling dalam bidang Perkembangan, Pendidikan,  Klinis , dan  Sosial.

4) AsistenPeneliti

Mampu membantu peneliti dalam mengerjakan tugas-tugas pendukung dalam kegiatan penelitian.

Profil Tambahan 1)  Assiten Terapis  Anak Berkebutuhan Khusus

Menjadi tenaga yang dirancang untuk membantu terapis dalam mengenali karateristik unik pada anak berkebutuhan khusus yang tidak dapat diakomodasi oleh kurikulum sekolah standar.

2)  Staff/Konsultan di bidang Psikologi Komunitas

Mampu memberikan pertimbangan atas berbagai alternatif tindakan dalam pengambilan keputusan dibidang psikologi komunitas.

3)  Fasilitator dan Motivator Program Pelatihan

Mampu mengelola dan  membuat perencanaan program pelatihan.

4)  Pelaku Usaha Mandiri

Membentuk karakter, jiwa, semangat , pribadi wirausaha dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar psikologi